Gunung Kilimanjaro di Afrika (Seven Summit)

Gunung Kilimanjaro di Afrika (Seven Summit)

Gunung Kilimanjaro di Afrika (Seven Summit)Gunung Kilimanjaro di Afrika

Gunung Kilimanjaro di Afrika adalah salah satu gunung yang ada di afrika dan menjadi satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia (seven summit)

Kilimanjaro merupakan gunung yang memiliki tinggi hingga hampir 6 km di atas permukaan laut. Gunung ini berada di Afrika, dan di daerah Utara Tanzania untuk lebih tepatnya,

Dan Gunung yang berbentuk kerucut ini juga masuk di dalam daftar 7 keajaiban dunia beberapa waktu lalu. Setiap tahun, terdapat lebih dari 50 ribu orang yang menaiki gunung ini.

Kilimanjaro memiliki beragam zona ekologi seperti berikut.

  • Hutan Tropis
  • Pada rumput
  • Padang Pasir
  • Dan sebagainya.

Dan dari Sabana hingga puncaknya, yang di tutup oleh saljut yang cukup tebal. Sebagai statistiknya, kurang lebih 30 persen dari semua pendaki telah berhasil mendaki puncak gunung ini. Biasanya rute pendakian yang di gunakan adalah rute Marangu Coca – Cola ( Menurut data dari pemandu lokasl Ultimate Kilimanjaro).

Rute Marangu Coca – Cola akan membutuhkan paling tidak 5 hari untuk mencapai puncak gunung tersebut. Saat musim kemarau, yang terjadi dari juni sampai oktober, merupakan waktu yang tepat untuk memuncaki gunung ini.  Dan paling banyak pendaki yang datang ke gunung ini biasanya di bulan September.

Dan selain informasi yang telah kami sampaikan diatas, berikut ini adalah beberapa fakta lainnya yang ada di gungung Kilimanjaro.

Fakta – Fakta Gunung Kilimanfaro

Benua Afrika telah memiliki puncak gunung yang masuk ke salah satu daftar Seven Summits. Selain itu, gunung ini memiliki pesona tersendiri yang sulit di ungkapkan melalui kata – kata.

Gunung ini memiliki hiasan saljut di puncaknya, yang dapat memanjakan mata untuk para pendaki. Dan berikut ini adalah fakta yang ada di dalam gunung kilimanjaro.

Kilimanjaro Gunung Tertinggi di Afrika

Kilimanjaro berhasil menandingi semua pesaingnya. Hinga gunung Kenya hanya bisa menempati urutan kedua saja sebagai gunug tertiunggi di afrika.

Gunung Kilimanjaro berhasil menjadi gunung tertinggi di afrika karena ia memiliki ketinggian hingga 5.895 meter (hampir 6 kilometer).

Berdiri Sendiri

Banyak gunung tertinggi di dunia terbentuk dari himpunan gunung yang menjadi satu. Contohnya seperti Everest, dimana gunung tersebut merupakan salah satu bagian dari pegunungan Himalaya.

Sedangkan untuk Gunung Kilimanjaro, apabila kalian perhatikan, gunung ini merupakan gunung yang berdiri sendirian. Yang dapat di buktikan bila kalian berada di puncak, tidak ada gunung lain di sekitar gunung ini.

Hal ini membuat gunung kilimanjaro menjadi gunug tertinggi di dunia yang berdiri sendiri.

Dekat dengan Garis katulistiwa

Puncak gunug kilimanjaro di selimuti oleh salju, walaupun begitu, gunung ini faktanya berada di dekat garis khatulitstiwa. Dan secara teori, gunung ini mendapatkan panas dari matahari lebih besar dari gunung lainnya, dan salju yang berada di atas gunung tersebut.

Menurut ahli, dan penelitian, salju yang ada di atas gunung kilimanjaro telah ada semenjak jaman es. Dan sekarang salju tersebut makin lama makin menghilang karena kerusakan yang di alami oleh hutan yang semakin banyak.

Status Gunung Kilimanjaro : Tidak aktif tetapi tidak Mati

Status kilimanjaro sekarang memang tidak aktif, akan tetapi gunung tersebut pernah meletus dari masa lalu yang cukup lama. Akan tetapi gunung ini masih memuntahkan bahan – bahan vulkanik yang cukup ringan.

Apabilan kalian mendaki gunung ini, di beberapa tempat akan tercium aroma belerang yang menjadi ciri khas guung berapi. Fakta tersebut menunjukan bahwa kilimanjaro belum mati.

Gunung Kilimanjaro merupakan jenis gunung api strato raksasa yang sudah tidak aktif lagi, akan tetapi masih memiliki Fumarol yang terus mengeluarkan zat berbentuk gas di kawahnya di puncak kibo.

Puncak Kibo Kilimanjaro juga di sebut dengan puncak Uhuru. Di tahun 2003 seorang ahli Vulkanolog berasal dari jerman telah memperkirakan salju dan es di kawahnya yang sedalam 121,8 meter.

Kilimanjaro memiliki banyak sebutan

Gunung Kilimanjaro memiliki banyak nama dari berbagai versi. Dengan sebutan Kilima yang artinya Gunung dan Njaro yang artinya putih.

Selain itu, ada beberapa orang yang menyebut gunung ini dengan sebutan gunung Karavan. Alasan nama gunung itu adalah karavan adalah gunung ini dapat di lihat dari berbagai tempat oleh para Karavan/rombongan.

SEbutan lain dari gunung ini  adalah Kibo, untuk beberapa orang di afrika.

Kondisi Pendakian

Kilimanjaro mulai kehilangan warna putihnya (salju) selama beberapa abad ini. Dahulu Gletser yang ada semenjak 11.700 tahun ini semakin menghilang jika di bandingkan dari 100 tahun lalu.

Juimlah es yang berada di puncaknya telah berkurang lebih dari 80%, dan menurut penelitian yang di lakukan oleh Paleoklimatologi dari Ohio State University, Lonnie Thompon telah memperkirakan salju di puncak gunung ini akan musanah di tahun antara 2015 sampai 2020.

Di mulai dari bula januari 2006 lalu, rute pendakian yang bernama Western Breach telah di tutup oleh badan pemerintah Tanzania. Hal ini di sebabkan oleh meninggalnya 4 orang yang berada di perhentian Arrow Glacier setelah terjadi longsor batu yang sebelumnya tertahan oleh es yang semakin mencair.

Untuk rute – rute lain yang masih bisa di lalui adalah sebagai berikut.

  • Machame
  • Rongai
  • Lemosho
  • Shira
  • Marangu Coca – Cola
  • Umbwe
  • dan rute Mweka yang hanya di gunakan untuk menuruni gunung.

Apabila kalian tertarik dengan gunung yang masih berada di Seven Summith lainnya, kalian dapat baca juga artikel ini Beberapa Fakta Gunung Elbrus (Sevens Summit) yang juga merupakan salah satu dari 7 gunug tertinggi di dunia selain gunung Kilimanjaro.

 

Author: admin