Don't Show Again Yes, I would!

11 Hal Yang Membuat Kamu Memulai Diet

Memulai diet adalah langkah penting dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Diatasawan.com – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seringkali kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan terutama berat badan. Namun, ada momen ketika kita merasa perlu untuk memulai diet, bukan hanya untuk penampilan fisik tetapi juga untuk kesehatan mental dan kualitas hidup yang akan datang.

Dikutip dari laman Kementrian Kesehatan Indonesia, menurut Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Nasional tahun 2018, 1 dari 3 orang dewasa (lebih dari 19 tahun), 1 dari 5 anak (usia 5 sampai 12 tahun), dan 1 dari 7 remaja (usia dari  13 sampai 18 tahun) di Indonesia menghadapi masalah kelebihan berat badan atau obesitas.

Memulai diet adalah langkah penting dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat. Dalam dunia yang penuh dengan berbagai pilihan makanan dan gaya hidup yang serba cepat, membuat keputusan untuk merubah pola makan kita dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dan kualitas hidup kita.

Apa saja hal yang membuat kamu memulai diet? Pertanyaan ini mungkin tampak sederhana, namun jawabannya menjadi pemicu dan memiliki kekuatan besar untuk memulai diet. Mari kita membahas dan jelajahi beberapa penyebab yang mungkin menjadi pemicu bagi kamu untuk memulai diet.

11 Hal Yang Membuat Kamu Memulai Diet

1. Tuntutan Kerja dan Medical Check Up

Beberapa perusahaan memberikan persyaratan penampilan menarik dengan berat badan yang ideal disertai dengan proses Medical Check Up saat proses rekrutmen. Bekerja dengan intensitas tinggi sering membuat kita lupa untuk menjaga kesehatan. Memulai diet bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga menjawab tuntutan pekerjaan yang membutuhkan energi dan fokus yang tinggi.

2. Ukuran Baju yang mudah didapat

Siapa yang tidak senang saat bisa dengan nyaman memakai ukuran baju yang lebih kecil? Memulai diet membuka pintu untuk mengeksplorasi dunia fashion dengan lebih leluasa. Memulai diet dan mendapatkan tubuh ideal dapat merasakan kegembiraan melihat perubahan positif pada tubuh dan menemukan kepercayaan diri baru dalam gaya pakaian yang bisa dipilih dengan bebas.

3. Penyakit Bawaan, Diabetes, Darah Tinggi. Kolestrol, dll

Mengelola berat badan dengan memulai diet dapat menjadi langkah pencegahan yang efektif terhadap penyakit bawaan seperti diabetes, serta penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta asam urat. Mulailah memperhatikan apa yang kamu konsumsi untuk membentengi diri dari risiko penyakit yang mungkin mengintai.

4. Umur Panjang menemani anak

Mempertahankan kesehatan melalui diet bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk memberikan hadiah berharga kepada anak-anak ataupun orang yang kita cintai. Memulai diet untuk hidup lebih sehat berarti memiliki kesempatan untuk lebih lama menikmati momen-momen penting bersama orang yang kita cintai dan keluarga terutama anak-anak anda.

5. Mudah Bergerak dan Beraktifitas

Diet tidak hanya tentang apa yang kita makan tetapi juga tentang bagaimana kita hidup. Dengan menjaga pola makan yang sehat, tubuh  menjadi lebih bugar dan siap untuk aktivitas fisik. Rasakan kebebasan dan kenyamanan saat mudah bergerak dan menjalani gaya hidup aktif dengan memulai diet.

Baca juga:   Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan, 15 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan

6. Tidak Ingin merepotkan orang lain

Menjaga kesehatan dengan memulai diet juga berarti tidak ingin merepotkan orang lain. Bertubuh obesitas dapat merepotkan orang lain seperti menaiki lift, menggunakan transportasi umum, dll. Dengan menjaga tubuh sehat, anda dapat terus mandiri dan tidak tergantung pada bantuan orang lain untuk aktivitas sehari-hari

7. Menarik untuk lawan jenis

Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan fisik memainkan peran dalam daya tarik. Memulai diet untuk meningkatkan penampilan bukanlah hal yang buruk. Rasakan kepuasan ketika mulai menarik perhatian positif dari lawan jenis ataupun pasangan anda.

8. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Perubahan positif dalam penampilan fisik dan kesehatan secara keseluruhan membawa peningkatan kepercayaan diri. Ketika merasa baik dari dalam, kepercayaan diri mulai bersinar keluar. Memulai diet adalah perjalanan untuk mencapai versi terbaik dari diri kita.

9. Mengurangi Stress

Stres adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, tetapi memulai diet dapat membantu mengelolanya dengan lebih baik. Makanan sehat dan teratur dapat memberikan dukungan untuk kesehatan mental dan membantu tetap tenang di tengah-tengah kesibukan hidup.

10. Hemat Secara Ekonomi

Dengan membuat daftar makanan yang sehat dan teratur lalu menerapkannya, kita bisa mengelola keuangan untuk pengeluaran bulanan. Memilih makanan sehat juga dapat mengurangi biaya jangka panjang yang terkait dengan perawatan kesehatan. Memulai diet sehat adalah investasi untuk masa depan yang juga dapat menghemat uang.

11. Displin dan Bisa Mengendalikan Diri

Memulai diet tidak hanya tentang makanan tetapi juga tentang disiplin dan kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini adalah perjalanan pribadi yang membangun karakter dan ketangguhan, membantu kita tumbuh menjadi individu yang lebih kuat dan terfokus.

KESIMPULAN

Mari kita renungkan bahwa memulai diet adalah bukan sekadar perubahan dalam pola makan, melainkan suatu perjalanan transformasi yang displin dan konsisten menuju kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik. Dalam pemahaman bahwa diet tidak hanya memengaruhi penampilan fisik tetapi juga kesehatan mental dan emosional, kita membuka pintu bagi gaya hidup yang lebih seimbang dan memuaskan. Ingatlah, memulai diet adalah langkah awal menuju kehidupan yang lebih baik, dan setiap langkah kecil yang diambil memiliki dampak besar pada masa depan kita. Selamat menjalani perjalanan  diet anda!

FAQ

1. Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memulai Diet?
Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai diet adalah Pemilihan Makanan, Atur Porsi Makan, Atur Jam Makan, Minum Air Secukupnya

2. Bagaimana Cara Menjaga Motivasi Selama Diet?
Beberapa tips untuk tetap termotivasi diantaranya adalah menentukan tujuan yang realistis, melibatkan diri dalam aktivitas fisik dan olahraga, bergabung dalam komunitas seperti gym member, poundfit, freeletics, dan lain-lain

3. Apakah perlu menggunjungi ahli gizi untuk diet khusus?
Bila kamu mempunyai dana lebih dan waktu sebaiknya menggunjungi ahli gizi agar bisa diidentifikasi penyebab kenaikan berat badan serta mengelola dan merencanakan pola makan dengan kalori dan unsur gizi (mineral, lemak, protein, air, dll) yang diatur.

4. Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Selama Diet?
Menghitung kebutuhan kalori adalah langkah penting dalam perencanaan diet. Menggunakan “calorie calculator” di internet bisa menjadi solusi dengan mempertimbangkan kebutuhan khusus seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan tujuan berat badan.

5. Apakah Harus Menghindari Semua Jenis Makanan Favorit Selama Diet?
Menghindari makanan favorit seringkali menjadi dilema saat diet. Kita bisa menikmati makanan favorit dengan porsi terbatas tanpa rasa bersalah. Makanan alternatif bisa juga diterapkan seperti memilih bahan yang lebih rendah lemak dan tinggi protein.

6. Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Lapar Selama Diet?
Rasa lapar seringkali menjadi tantangan saat menjalani diet. Bagaimana mengatasinya?, beberapa strategi yang dapat membantu diantaranya adalah mengkonsumsi makanan tinggi serat, mengkonsumsi tinggi protein, dan membuat interval makan (jam makan)

Share:

Ifrah Fuady

Blogger bersemangat yang mengeksplorasi dunia melalui kata-kata. Berbagi tulisan, pandangan, dan wawasan untuk memotivasi dan menginspirasi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *