Don't Show Again Yes, I would!

Liburan Hemat, Kantong Aman: 9 Tips Hunting Tiket Pesawat Murah

Berpergian ke luar negeri ataupun berwisata ke tempat impian tanpa perlu khawatir dompet jebol? Tentu bisa! Salah satu cara menghemat pengeluaran saat traveling adalah dengan mendapatkan tiket pesawat murah. Namun, dengan banyaknya platform dan promo yang bertebaran, bingung sendiri ‘kan cara mendapatkan tiket yang paling hemat?

Tenang, artikel ini hadir untuk menjawab kebingungan Anda! DiAtasAwan akan kupas tuntas 9 cara jitu hunting tiket pesawat murah yang bisa Anda praktikkan. Persiapkan diri, catat tipsnya, dan bersiaplah terbang ke destinasi impian dengan harga bersahabat!

9 Tips Hunting Tiket Pesawat Murah

1. Rencanakan Perjalanan Jauh Hari Untuk Tiket Pesawat Murah

Pepatah “sedikit persiapan, mencegah kegagalan” juga berlaku dalam urusan hunting tiket pesawat murah. Idealnya, Anda mulai mencari tiket pesawat 6-12 bulan sebelum jadwal keberangkatan. Mengapa? Sebab, maskapai biasanya akan mengeluarkan harga terbaik pada rentang waktu tersebut. Selain itu, Anda juga memiliki lebih banyak pilihan penerbangan.

Selain itu, biasakan untuk memantau harga tiket secara berkala. Gunakan fitur “price alert” yang tersedia di beberapa platform travel online (OTA) atau aplikasi maskapai. Dengan begitu, Anda akan langsung mendapat notifikasi jika terjadi perubahan harga.

2. Berburu Promo Tiket Pesawat Murah di Travel Fair Bank dan Maskapai

Travel fair yang diselenggarakan oleh bank atau maskapai kerap menghadirkan promo tiket pesawat yang sangat menggiurkan. Diskon besar-besaran, cicilan tanpa bunga, dan cashback menarik menjadi daya tarik utama event ini.

Ikuti informasi jadwal travel fair melalui website atau media sosial bank dan maskapai favorit Anda. Biasanya, travel fair menawarkan potongan harga hingga 20% atau lebih, tergantung destinasi dan maskapai yang berpartisipasi.

Tips:

  • Siapkan kartu kredit (CC) yang berkerja sama dengan bank tersebut untuk melakukan pembayaran
  • Siapkan dana cadangan untuk berjaga-jaga jika promo yang ditawarkan mengharuskan pembayaran langsung.
  • Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui maskapai dan destinasi yang menawarkan promo menarik.

3. Gabung Grup dan Komunitas Travel Online: Update Promo Berlimpah!

Bergabung dengan grup dan komunitas travel di media sosial bisa menjadi sumber informasi berharga untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Banyak member komunitas yang kerap membagikan info promo terbaru, pengalaman berburu tiket pesawat, dan bahkan kode voucher diskon yang bisa Anda gunakan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa bertanya langsung kepada member lain mengenai rekomendasi platform pemesanan tiket pesawat murah atau meminta saran terkait destinasi yang ramah kantong.

Tips:

  • Pilih grup dan komunitas yang relevan dengan hobi traveling Anda.
  • Jaga sikap dan bahasamu saat berinteraksi dengan member lain.

4. Manfaatkan Fitur Perbandingan Harga di Skyscanner dan Google Flights

Skyscanner dan Google Flights adalah website yang bisa menjadi andalan Anda untuk berburu tiket pesawat murah. Kedua platform ini memiliki fitur perbandingan harga yang memudahkan Anda melihat harga tiket dari berbagai maskapai untuk rute yang sama.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur “kalender harga” yang menampilkan fluktuasi harga tiket pesawat dalam rentang tanggal tertentu. Dengan demikian, Anda bisa memilih tanggal keberangkatan yang menawarkan harga terbaik.

Tips:

  • Aktifkan fitur “tampilkan bandara terdekat” untuk memperluas pilihan penerbangan dan berpotensi mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Jangan terpaku pada satu platform saja. Bandingkan harga tiket di Skyscanner dan Google Flights untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Rayakan Ulang Tahun Maskapai dengan Harga Spesial!

Ulang tahun maskapai biasanya dirayakan dengan promo tiket pesawat yang menggiurkan. Diskon besar-besaran dan penawaran khusus menjadi “hadiah” yang diberikan maskapai kepada para pelanggan setianya.

Ikuti akun media sosial maskapai favorit Anda untuk mengetahui jadwal dan detail promo ulang tahun mereka. Biasanya, promo ini memiliki durasi terbatas, jadi jangan sampai ketinggalan!

Tips:

  • Daftar menjadi member loyalty program maskapai untuk mendapatkan informasi promo lebih cepat.
  • Siapkan data diri dan kartu kredit Anda untuk mempercepat proses pemesanan saat promo berlangsung.
Baca juga:   Ijazah Hilang Bisa Cetak Ulang? Begini Langkah-Langkah Cara Mengurus Ijazah Yang Hilang

6. Promo Lebaran dan Tahun Baru? Tetap Bisa Hemat!

Perayaan hari besar seperti Lebaran dan Tahun Baru memang identik dengan harga tiket pesawat yang mahal. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan harga miring selama periode tersebut.

Beberapa maskapai terkadang justru mengeluarkan promo khusus menjelang hari raya. Biasanya, promo ini berupa potongan harga atau cashback untuk pembelian tiket pesawat group atau keluarga.

Tips:

  • Pantau website dan media sosial maskapai favorit Anda beberapa minggu sebelum Lebaran atau Tahun Baru.
  • Jika beper bepergian bersama keluarga besar, pertimbangkan untuk membeli tiket pesawat secara kolektif. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan potongan harga khusus.

7. OTA dan Situs Web Maskapai: Sumber Promo yang Tak Ada Habisnya

Platform travel online (OTA) dan situs web maskapai tak boleh luput dari perhatian Anda saat hunting tiket pesawat murah. Biasanya, platform dan situs web ini kerap menawarkan promo kilat atau flash sale dengan potongan harga yang fantastis.

Namun, promo kilat ini biasanya memiliki durasi yang sangat singkat, terkadang hanya beberapa jam saja. Oleh karena itu, Anda harus sigap dan cekatan untuk memanfaatkan promo ini.

Tips:

  • Aktifkan notifikasi promo dari OTA dan maskapai favorit Anda.
  • Siapkan diri untuk memesan tiket dengan cepat saat promo kilat berlangsung.

8. Liburan Hemat? Pilih Waktu Low Season!

Harga tiket pesawat biasanya akan melambung tinggi saat musim liburan (high season) seperti libur sekolah, lebaran, dan tahun baru. Sebaliknya, pada low season (di luar musim liburan), harga tiket pesawat cenderung lebih murah dan terjangkau.

Manfaatkan low season untuk mewujudkan rencana traveling Anda. Nikmati suasana destinasi wisata yang lebih lengang dan dapatkan harga tiket pesawat yang ramah kantong.

Tips:

  • Pilih destinasi wisata yang memiliki perbedaan harga tiket pesawat signifikan antara low season dan high season.
  • Sesuaikan jadwal liburan Anda dengan periode low season untuk memaksimalkan penghematan.

9. Berburu Tiket Murah di Malam Hari

Ada tips yang beredar di kalangan traveler bahwa harga tiket pesawat cenderung lebih murah jika dibeli pada malam hari. Faktanya, belum ada penelitian ilmiah yang secara konkrit membuktikan hal tersebut.

Namun, beberapa platform travel online (OTA) terkadang menerapkan strategi harga dinamis. Dengan strategi ini, harga tiket pesawat bisa berubah-ubah tergantung pada histori pencarian Anda, jam Anda mengakses platform, dan ketersediaan kursi.

Tips:

  • Meskipun belum tentu lebih murah, tidak ada salahnya mencoba berburu tiket pesawat pada malam hari.
  • Jangan terpaku pada satu jam tertentu saja. Coba bandingkan harga tiket pesawat di waktu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kesimpulan

Dengan menerapkan 9 cara jitu di atas, Anda kini memiliki bekal yang cukup dan meningkatkan peluang untuk berburu tiket pesawat murah. Ingat, perencanaan matang dan kesigapan menjadi kunci utama untuk mendapatkan harga terbaik. Selamat hunting tiket pesawat murah dan selamat jalan-jalan!

Share:

Ifrah Fuady

Blogger bersemangat yang mengeksplorasi dunia melalui kata-kata. Berbagi tulisan, pandangan, dan wawasan untuk memotivasi dan menginspirasi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *