Beberapa Fakta Gunung Elbrus (Sevens Summit)

Beberapa Fakta Gunung Elbrus (Sevens Summit)

Beberapa Fakta Gunung Elbrus (Sevens Summit)Beberapa Fakta Gunung Elbrus Sebagai Gunung Tertinggi di Eropa

Beberapa Fakta Gunung Elbrus, merupakan gunung tertinggi yang ada di eropa. Dimana gunung ini menjadi salah satu gunung dalam Sevens Summit.

Gunung Elbrus secara teknis bukanlah gunung, akan tetapi volcano yang sudah tidak aktif yang berada di sebelah barat gunung Caucasus. Dan berada di dekat batas Georgian di Kabardino-Balkaria dan juga Karachai- Cherkessia, Rusia.

Dengan Beberapa Fakta Gunung Elbrus yang ketinggian memiliki ketinggian mencapai 5.642 meter, ini menjadi bagian dari Caucasus yang dekat dengan asia dan juga eropa. Walupun begitu, kebanyakan geographer menempatkan gunung ini di Eropa.

Sehingga hal ini menjadikan gunung ini menjadi gunung tertinggi dan bagian dari salah satu Seve Summits. Dengan gunung tertinggi di setiap benua dan menantang pendaki untuk mengalahkan semua summits dalam seven summits.

Keunggulan dari gunung Elbrus adlah pengukuran yang dapat di lakukan dengan mudah di puncaknya. Dimana gunung ini memiliki ketinggian hingga mencapai 5.621 meter.

Arti dari nama Gunung Tersebut

Mingi Tau adalah nama yang di berikan ke gunung Elbrus oleh Kelompok Balkar, Orang TUrkic dari daerah Caucasus. Ini di artikan sebagai “Mirip Seribu Gunung” yang di dapatkan dari ukurang gunung ini.

Sebelum the Balkar, gunung ini di ketahui dengan nama Sobilus. Yang merupakan bahasa latin yang artinya adlaah Pine Cone (biji pohon Pine).

Variasi nama lainnya adalah Strobilos yang artinya Twisted Object di ambil dari bentuk gunung elbrus tersebut. Gunung ini juga masuk dari cerita sejarah mitologi. Dalam Mitologi Yunani, Zeus mengurung Prometheus di gunung sebagai hukuman karena mencuri api dari Zeus dan memberikannya kepada manusia.

Nama gunung tersebut juga memiliki asli dari Persia, yang di sebut sebagai hara Berezaiti, adalah gunung dari mitologi Persia menjadi salah satu dari Beberapa Fakta unik Gunung Elbrus.

Cuaca Gunung Elbrus

Keadaan cuaca dari gunung ini sangat konduktif di bulan Juli dan juga Agustus. Ketika cuacanya menjadi sangat stabil dan tidak berubah – ubah.

Setiap musim panas, pada malam hari suhunya mencapa minus 8 selsius. Dan di daerah yang memiliki salju akan turun sampai paling rendah minus 30 selsius (Saat  musim salju/dingin)

Musim dingin akan memiliki suhu paling dingin di bagian barat gunung tersebut. Dimana biasa terjadi pada bulan oktober hingga bulan april di ketinggian 2km mdpl.

Gunung ini berada di dalam pulau dan letaknya berada di antara laut Caspian dan Laut HItam. Sehingga dua laut tersebut memiliki pengaruh besar untuk kecepatan angin di gunung ini.

Pendakian Gunung Elbrus

Gunung Elbrus memiliki sistem cable car (kereta gantung) yang unik. DImana di bangun pada bagian selatan gunung tersebut pada tahun 1959 sampai 1976. Kerta gantung tersebtu mencapai ketinggian 3.658 meter dari gunung tersebut. Sehingga kebanyakan pendaki menggunakan rute normal di sebelah selatan gunung.

Walaupun tidak memiliki celah untuk pendakian, hal ini dapat menipu pendaki untuk keamanan yang baik. Rute normal ini sangat menantang karena terdapat salju, angin yang berhembus dengan cepat, dan ketinggian yang lumayan curam.

Terhitung tiap tahunnya terdapat 15 hingga 30 pendaki yang meninggal selama pendakian. Yang memiliki rasio lebih tinggi daripada pendakian di gunung lainnya.

Fitur unik lainnya yang dimiliki oleh gunung Elbrus adalah sistem tempat peristirahatan berupa Huts. Termasuk Barrel Huts yang berlokasi di ketinggian 3.962.

Dan juga terdapat Snow Cat (Mobil / Kendaaraan Khusus Area Bersalju) yang dapat menolong pendaki hingga ketinggian 4.800 meter.

GUnung ini memiliki 22 sistem gletser yang berasal dari tiga arus sungai (Baksan, Malka, Kuban). GUnung ini selalu di selimuti oleh salju tiap tahunnya.

Ketika dapat sangat berbahaya untuk mendakigunung ini, tetapi gunung ini menjadi salah satu gunung yang paling mudah untuk di daki dari semua gunung seven summits.

Bulan yang paling baik untuk pendakian biasanya pada bulan Mei hingga bulan September. Karena pada musim dingin, gunung ini sangat berbahaya kecuali pendaki yang telah berpengalaman.

Poin Tertinggi Lainnya di Eropa

Gunung Elbrus mendapatkan gelar sebagai gunung tertinggi di eropa. Tetapi puncak gunung lainnya dengan nama Mont Blanc adalah gunung tertinggi di Alps dan Union Eropa. Yang mencapai ketinggian 4.810 meter diatas permukaan laut.

Sejarah Yang Tercetak di GUnng Elbrus

Di tahun 1829, Kabardinian killar khashirov, seorang pemandu untuk ekspedisi pasukan ilmiah dari rusia. Yang menjadi kelompok pertama yang berhasil mencapai puncak di sebelah timur, yang merupakan puncak paling rendah dari puncak elbrus lainnya.

Setelah itu di tahun 1874, puncak tertinggi di sebelah barat telah berhasil di daki oleh Akhia Sottaiev, seorang pemandu dari Balkaria yang bekerja untuk sebuah grup yang di pimpin oleh Brit Florence Crauford Grove termasuk pria asal Inggris bernama Frederic Gardner dan Horace Walker, bersama dengan pendaki asal swis bernama Peter Knubel.

Di tahun 1932, Hut (pos / tempat istirahat) pertama di buat dengan ketinggian 4160 meter dan di beri nama Prijut 11.

Lalu saat perang dunia ke 2, pada tahun 1942, Pasukan Jerman menempati semua daerah di Lereng Baksan Utara dan secara perlahan menguasai lereng di sebelah barat caucasus.

Dan akhirnyta Divisi Alpine Jerman menempati Priut11. Mereka kembali ke jerman di awal tahun 1943 dan di petengahan bulan februari kembali di kuasai oleh pasukan Soviet.

Untuk tahun 1956, grup yang berjumlah 400 pendaki menaiki gunung tersebut dalam rangka ulang tahun ke 400 dari Kabardino-Balkaria di daerah Republik Soviet.

Baca juga : Seven Summit Carstensz Pyramid

Share:

Author: admin